“Surga” Industri Komponen Otomotif Sampai Nostalgia Bus

By | March 30, 2017


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Global Expo Management (GEM) Indonesia membuka pameran bussiness to bussiness (B2B) yg mewadahi industri komponen otomotif, aksesori, karoseri, sampai peralatan berat, pabrik, dan perlengkapan pertambangan.

Ajang ini terafiliasi dalam International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) 2017, digeber pada 29 Maret-1 April, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Berbagai pameran spesifik dijadikan satu, memberikan fasilitas “one stop bussiness” buat para pemain industri otomotif.

Lebih dari ada 1.100 perusahaan dari 35 negara bergabung, menampilkan produk andalan bagi mencari pasar baru di Indonesia. Mulai dari China, Singapura, Taiwan, sampai Korea Selatan. Kebanyakan main di ranah aksesori dan komponen mobil atau sepeda motor.

Di sisi lain, pameran ini juga menampilkan bus, truk, peralatan berat, dan industri karoseri yg berada dalam ajang Indonesia Bus, Truck, Heavy Equipment, and Component Exhibition (IIBT) 2017. Ada juga deretan hardware dan peralatan otomotif, sampai pameran baut dan fastener, ban sekaligus permesinan dan materialnya.

“Ajang ini biasa dihadiri oleh para pebisnis Oto Bus, tourism, dan pelaku kendaraan komersial. 70 persen industri penunjang mulai tiba dari luar negeri. Sedangkan perusahaan karoseri yg berpartisipasi 100 persen Indonesia,” ujar Baki Lee, Direktur GEM Indonesia, dalam pembukaan acara.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik Kementerian Perinustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan bahwa pameran ini mampu didapat tujuan ganda. Selain membuka pasar dan peluang investasi, juga berpotensi mengembangkan industri dalam negeri, khususnya komponen otomotif.

“Melalui pameran ini, dapat jadi ajang mencari ide kemandirian bagi mengembangkan inustri, serta menguasai teknologi-teknologi terkini di dunia komponen otomotif dan aksesori,” ujar Putu, dalam sambutan saat membuka acara.

Lebih dari 35.000 pengunjung diharapkan hadir di ajang yg terbesar di Asia Tenggara ini.
Makin banyaknya peserta membuat GEM sebagai penyelenggara memakai segala hall JI Expo Kemayoran dengan lahan seluas 45.000 m2. Terlebih, ditampilkan juga bus-bus klasik dan unik dalam Indonesia Classic and Unique Bus Fiesta (Incubus) 2017.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply